17 Desember, 2016

Cahaya dari Kanan atau Kiri atau Kanan Kiri

Seorang kawan menanyakan, bisa tidak dibuatkan denah rumah kecil dengan jendela di kanan atau dikiri? Saya jawab, kalau lebar lahan Anda 6.50 m bisa dibuat jendela di kiri atau dikanan sesuai kehendak Anda. Dia bilang lebar lahan saya 7.00 m tetapi panjang hanya 14.00 m, bisa tidak tolong buatkan denahnya?

Nah dibawah ini saya coba buatkan denahnya sesuai lebar lahan yang dimilikinya. Mudah-mudahan dia suka, atau bila ada yang dia tidak suka, bisa saja saya koreksi sesuai kehendaknya.  





 Sebetulnya ada kekurangan yaitu belum ada tempat jemur pakaian. Untuk itu saya usulkan membuat dak beton diatas kamar tidur lantai-2 dengan tangga naik dari ruang duduk lantai-2.  Ada usulan ?  

Memang yang saya buat dak beton hanya sebagian cukup untuk tempat cuci dan jemuran, sedang bagian depannya dibuat atap genteng atau lainnya. Padahal beda biaya tidak terlalu besar bila bagian depan juga dibuat dak beton untuk keperluan Anda yang lainnya, Jangan lupa pada dak beton tersebut harus dilapis dengan water proofing yang bagus agar tidak bocor. 

Sekian tambahan saya, yang bisa juga diterapkan di desain denah yang lainnya.




          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar