06 Desember, 2016

Ukuran Tanah Kapling Perumahan Jaman Dulu.


Sekitar tahun 1986 saya dapat tugas pegang proyek di Gresik. Tahun 1987 pindah tugas ke Proyek Perumahan di Surabaya, dan saya harus pindah tinggal bersama keluarga di Surabaya, tidak lagi mondar mandir Surabaya – Jakarta. 

Nah, sewaktu saya masih di Jakarta saya mencicil tanah kapling di Perumahan di Jakarta Barat. Ukurannya yang luar biasa, untuk yang sedang saja berukuran 12.00 m X 24.00 m. Saya berencana membangun rumah setelah tanahnya lunas. Bangunan yang saya rencanakan tidaklah bertingkat, karena satu lantai saja sudah cukup untuk saya sekeluarga. Gambar desain denahnya saya muat dibawah ini. Memang tidak bagus-bagus betul, tapi sudah cukup dapat cahaya dan udara dari jendela kanan kiri. Karena sudah ada jendela di kanan kiri maka bagian belakang saya habiskan tidak perlu ada bukaan lagi. Sesuai Hong Shui katanya… Ha…ha…ha… 

 




Eh, ada lagi nih versi lain dari gambar diatas untuk di-lihat2. Mudah-mudahan bisa untuk referensi Anda-Anda sekalian.






Tahun 1994 saya mendapat tugas di Jakarta lagi, sedang di Jakarta saya sudah tidak punya rumah. Yah, terpaksa kontrak dulu lah untuk 1 atau 2 tahun. Begitulah tahun 1996 saya beli tanah di daerah Kebon Jeruk. Hampir semua tanah yang ada di daerah perumahan, mempunyai ukuran besar-besar. Demikian juga tanah yang saya suka ternyata ukurannya 12.00 m X 21.00 m. Saya lalu negosiasi dengan pemiliknya agar boleh beli setengahnya saja, yaitu 6.00 X 21.00. Jadilah saya beli dan kemudian saya bangun, jadilah rumah yang saya tinggali sekarang ini.


Nah saya cerita waktu saya kontrak rumah yang letaknya di hook, hanya ada dua kamar tidur, terpaksa saya buat satu kamar tambahan dengan dinding dari plywood, agar bila perlu bila kontrak selesai bisa saya bongkar lagi untuk kembalikan keadaan semula. Berikut ini saya buatkan gambar denah rumah sudut yang saya kontrak 2 tahun itu, untuk Anda-Anda sekalian lihat-lihat.



Sekian dulu ah, mudah-mudahan bisa membantu Anda-Anda sekalian informasi untuk yang akan membangun rumah.  








Tidak ada komentar:

Posting Komentar