22 November, 2016

Kenyamanan Tinggal di Sebuah Rumah

Kenyamanan tinggal di sebuah rumah sama sekali tidak harus tergantung kepada kemewahan rumah ataupun besarnya rumah. Memang sekarang ini kita bisa menlengkapi sebuah rumah dengan macam-macam perlengkapan agar menjadi nyaman tinggal dirumah tersebut. Tetapi itu artinya biaya yang harus kita keluarkan menjadi bertambah. Disamping biaya pengadaan lampu-lampu dan air-conditioning, juga biaya pemakaian listrik waktu rumah sudah selesai dan ditinggali.

Yang saya mau ceritakan adalah kenyamanan yang Anda peroleh secara wajar dan alami. Rumah tidak harus besar, karena bila Anda berada dalam rumah maka pergerakan Anda juga menjadi terbatas. Anda tidak akan main bola atau bulu tangkis dalam rumah Anda, yah rumah Anda yang utamanya adalah untuk Anda tinggal. Jadi setelah pulang dari kerja, maka yang Anda butuhkan adalah istirahat. Dan rumah Anda itu harus bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Dan untuk itu, rumah tidak harus besar. Anda tidurpun cukup didalam kamar tidur dengan tempat tidur yang nyaman ditiduri. Setelah Anda lelap tidur dengan mata terpejam, Anda tidak akan melihat ruangan tempat Anda tidur, kan? Apa lagi seluruh rumah Anda. Yang Anda perlukan adalah kenyamanan Anda tidur, bila mungkin udara dalam kamar adalah sejuk secara alami, atau maksimal dengan kipas angin. Bila terpaksa sekali, bolehlah dengan sebuah AC ukuran kecil. Sama juga bila Anda ingin istirahat, membaca koran atau buku, maka yang diperlukan adalah sebuah ruangan yang terang secara alami tanpa bantuan lampu. Demikian juga udaranya, sejuk secara alami tanpa bantuan kipas angin ataupun AC.

Nah, rumah demikianlah yang sebetulnya banyak diidamkan orang. Sedangkan untuk mendeseinnya boleh dibilang susah-susah mudah. Buktinya banyak arsitek merencanakan bangunan rumah haruslah dilengkapi penerangan listrik dan penyejuk udara AC. Ada sih yang bisa merencanakan rumah sederhana yang diminta oleh pemilik rumah. Nah, disinilah seorang arsitek harus kreatif merencanakannya, hingga order pemilik rumah bisa terpenuhi.

Pendidikan saya bukanlah arsitektur tetapi teknik sipil, jadi adalah sedikit-sedikit hubungannya dengan arsitektur. Terutama waktu membangun sebuah rumah yang didesain oleh seorang arsitek, saya harus mengerjakannya sesuai permintaan dalam gambar tersebut. Hingga lama kelamaan menjadi tahu dan mengerti bagaimana rencana rumah yang bagus.

Bagus dan indah belum tentu nyaman ditinggali. Dan untuk itulah saya mulai dengan ide-ide saya yang saya terapkan pada rumah saya sendiri.

Dalam rumah saya sejak pagi jam 07.00 hingga sore jam 17.00, baik di ruang tamu, ruang makan/keluarga maupun di ruang duduk tempat biasa saya duduk, tidak perlu saya nyalakan lampu sudah cukup terang dari sinar matahari, dan cukup sejuk hingga tidak perlu saya nyalakan fan atau kipas angin saya.

Postingan saya selanjutnya akan berkisar pada desain rumah sederhana, yang bisa Anda lihat-lihat untuk referensi. Mudah-mudahan bisa membantu Anda yang mengidamkan sebuah rumah mungil, sederhana tapi nyaman ditinggali.
Bila Anda masih ada yang hendak ditanyakan, silahkan saja menghubungi saya.
   





















Tidak ada komentar: